بسم الله الرحمن الرحيم

Segala puji bagi Allah Rabbul 'alamin, shalawat dan salam semoga tercurahkepada Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat, amma ba'du:

Bulan Ramadhan yang kita cintai telah tiba. Setiap muslim menyambut kedatangannya dengan penuh gembira. Bagaimana tidak? Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kebaikan dan keberkahan. bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al-Qur’an diturunkan. Di bulan itu setan-setan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka. Di bulan itu terdapat malam malam yang lebih baik daripada seribu bulan, itulah malam Lailatul Qadr, di mana beribadah pada malam itu seperti beribadah selama seribu bulan. Di bulan itu ada doa mustajab bagi setiap muslim, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ لِلَّهِ عُتَقَاءَ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ، لِكُلِّ عَبْدٍ مِنْهُمْ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ

“Sesungguhnya Allah memiliki hamba-hamba yang dimerdekakan (dari neraka) pada setiap siang dan malamnya, dan bagi masing-masing hamba memiliki doa mustajab.” (HR. Ahmad dan dinyatakan isnadnya shahih sesuai syarat Bukhari dan Muslim oleh Pentahqiq Musnad Ahmad cet. Ar Risalah. Al Hafizh dalam Athraful Musnad 7/203 mengisyaratkan, bahwa hadits ini dibatasi di bulan Ramadhan).

Beberapa Amalan Di Bulan Ramadhan

  1. Bersyukur kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala karena telah disampaikan-Nya ke bulan Ramadhan.
  2. Meminta kepada Allah Azza wa Jalla agar dimudahkan dalam mengerjakan amalan yang wajib dan amalan yang sunnah di bulan itu, serta meminta kepada-Nya agar diterima amalan itu.
  3. Bertobat dari segala dosa dan maksiat.

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

تُغْلَقُ أَبْوَابُ النَّارِ وَتُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ ، وَتُصَفَّدُ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ ، قَالَ : وَيُنَادِيْ فِيْهِ مَلَكٌ : يَا باَغِي الْخَيْرِ أَبْشِرْ ، وَيَا بَاغِي الشَّرِّ أَقْصِرْ ، حَتَّى يَنْقَضِيَ رَمَضَانُ

      “Pintu-pintu neraka ditutup, pintu-pintu surga dibuka, setan-setan dibelenggu, dan di bulan itu ada malaikat yang menyeru, “Wahai yang menginginkan kebaikan! Bergembiralah. Wahai yang menginginkan keburukan! berhentilah,” hingga bulan Ramadhan selesai.” (HR. Ahmad, dan dinyatakan shahih oleh pentahqiq Musnad Ahmad cet. Ar Risalah).

  1. Mempraktekkan adab-adab puasa dan memperbanyak amal saleh, di antaranya:

a. Makan sahur, dan mengakhirkannya.

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

تَسَحَّرُوْا فَإِنَّ فِي السَّحُوْرِ بَرَكَةٌ

      “Makan sahurlah, karena dalam sahur ada keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim)

      ‘Amr bin Maimun berkata, “Para sahabat Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah orang yang paling segera dalam berbuka dan paling lambat dalam makan sahur.” (HR. Baihaqi dengan sanad shahih)

      Habis waktu makan sahur adalah dengan terbitnya fajar (lihat QS. Al Baqarah: 187), tidak dengan tibanya waktu yang biasa disebut “Imsak.”

b. Menjaga diri dari perbuatan sia-sia dan berkata kotor, berkata dusta, bersikap bodoh dan bersuara keras. 

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

وَالصِّيَامُ جُنَّةٌ وَإِذَا كَانَ يَوْمُ صَوْمِ أَحَدِكُمْ فَلَا يَرْفُثْ وَلَا يَصْخَبْ فَإِنْ سَابَّهُ أَحَدٌ أَوْ قَاتَلَهُ فَلْيَقُلْ إِنِّي امْرُؤٌ صَائِمٌ وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ يَفْرَحُهُمَا إِذَا أَفْطَرَ فَرِحَ وَإِذَا لَقِيَ رَبَّهُ فَرِحَ بِصَوْمِهِ

      “Puasa adalah perisai (penghalangnya dari maksiat dan syahwat serta penghalangnya dari neraka), maka jika kamu sedang berpuasa, janganlah berkata kotor dan berteriak-teriak. Jika ada yang memaki atau mengajak bertengkar katakanlah, “Saya sedang puasa.” Demi Allah yang nyawa Muhammad di Tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada wangi kesturi. Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan; kegembiraan ketika berbuka dan ketika bertemu Tuhannya dengan puasanya itu.” (HR. Bukhari)

c. Bersikap dermawan.

      Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ *

      “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Beliau sangat dermawan sekali di bulan Ramadhan ketika Jibril menemuinya. Jibril biasa menemuinya di setiap malam bulan Ramadhan lalu bertadarus Al-Qur’an dengan Beliau. Sungguh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat dermawan terhadap kebaikan melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari)

d. Shalat Tarawih.  

      Shalat tarawih lebih utama dilakukan bersama imam hingga selesai, karena akan dicatat untuknya seperti shalat semalam suntuk. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الْإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ

      “Sesungguhnya orang yang melakukan qiyamul lail bersama imam hingga selesai, maka akan dicatat untuknya qiyamullail semalam suntuk.” (HR. Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah, serta dishahihkan oleh pentahqiq Jami’ul Ushul 6/121)

e. Memperbanyak membaca Al-Qur’an, berdzikr, beristighfar dan berdoa.

f. Menyegerakan berbuka.

g. Berbuka dengan kurma berjumlah ganjil, jika tidak ada dengan air.

      Anas radhiyallahu 'anhu berkata:

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يُفْطِرُ عَلَى رَطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ ، فَإِنْ لمَ تَكُنْ فَعَلَى تمَرَاتٍ ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ ، حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

      “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah sebelum shalat. Jika tidak ada, maka Beliau berbuka dengan kurma kering. Jika tidak ada juga, maka Beliau berbuka dengan meneguk beberapa tegukan air.” (HR. Abu Dawud, dishahihkan oleh Hakim, dan dihasankan oleh Tirmidzi)

h. Berdoa ketika berbuka seperti dengan doa berikut:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَ اْبتَلَّتِ اْلعُرُوْقُ وَ ثَبَتَ اْلاَ جْرُ اِنْ شَاء َاللهُ

      “Telah hilang rasa haus, telah basah tenggorokan, dan semoga pahala tetap didapat Insya Allah.” (HR. Abu Dawud 2/306, dan lain-lain, lihatShahihul Jami’ 4/209)

      Doa ini dibaca setelah berbuka. Tentunya ketika hendak makan membaca “Bismillah”, namun jika lupa ia mengucapkan, “Bismillah fii awwalihi wa aakhirih” (Sebagaimana dalam hadits riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi) dan makan menggunakan tangan kanan.

     Jika kita berbuka di rumah orang lain dianjurkan mengucapkan,

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

     “Orang-orang yang berpuasa berbuka di dekatmu dan orang-orang yang baik makan makananmu, serta semoga malaikat mendoakan rahmat untukmu.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan An-Nasa’i dalam‘Amalul Yaum wal Lailah, dishahihkan oleh Al Albani dalam Shahih Abi Dawud).

i. Beri’tikaf.

      I’tikaf lebih utama dilakukan pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Ia pun hendaknya mencari malam lailatul qadr dalam I’tikafnya di malam-malam yang ganjil. Hendaknya orang yang beri’tikaf memanfaatkan waktunya yang ada dengan sebaik-baiknya seperti memperbanyak dzikr, membaca Al Qur’an, mengerjakan shalat-shalat sunnah dan amalan sunat lainnya serta memperbanyak tafakkur tentang keadaannya yang telah lalu, hari ini dan yang akan datang serta merenungi hakikat hidup di dunia dan kehidupan di akhirat kelak. Demikian pula hendaknya menghindari perbuatan yang sia-sia seperti banyak bercanda, ngobrol, dsb. Dan tidak mengapa bagi orang yang beri’tikaf keluar dari masjid jika terpaksa harus keluar (seperti buang air, makan dan minum jika tidak ada yang mengantarkan makan untuknya, pergi berobat, mandi dsb.)

Aisyah berkata, “Sunnahnya bagi yang beri’tikaf adalah tidak menjenguk orang yang sakit, tidak menyentuh istri, memeluknya, tidak keluar kecuali jika diperlukan, dan i’tikaf hanya bisa dilakukan dalam keadaan puasa, juga tidak dilakukan kecuali di masjid jaami’ (Masjid yang di sana dilakukan shalat  Jum’at dan jama’ah).”

      I’tikaf menjadi batal jika seseorang keluar dari masjid tanpa suatu keperluan dan karena melakukan jima’.

      Doa ketika mengetahui lailatul qadr adalah,

اَللّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اْلعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّيْ

      “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, maka maafkanlah aku.” (HR. Imam Ahmad dan Penyusun Kitab Sunan, kecuali Abu Dawud. Tirmidzi berkata, “Hadits hasan shahih.”)

j. Ber’umrah,

      Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

عُمْرَةٌ فِي رَمَضَانَ تَعْدِلُ عَمْرَةً أَوْ حَجَّةً مَعِيْ

      “Berumrah di bulan Ramadhan seperti berumrah atau berhaji bersamaku.” (HR. Bukhari dan Muslim)

k. Mengisi hari-hari dengan amal shalih,

      Seperti berbakti kepada orang tua, menyambung tali silaturrahim, mendidik anak, menjenguk orang yang sakit, melakukan amar ma’ruf-nahi munkar, mendamaikan orang yang bertengkar, menjaga lisan dan pandangan serta anggota badan lainnya agar tidak terjatuh ke dalam yang haram dan mengerjakan amal shalih lainnya.

Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berbuka

      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ فَطَّرَ صَائِماً كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئاً

      “Barang siapa yang memberi makan untuk berbuka orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun.” (HR. Ahmad dan Tirmidzi, Shahihul Jaami’ 6415)

Marwan bin Musa

Maraaji’ : Ramadhan fadhaa’il wa taujiihaat (Syaikh M. Ibrahim Al Hamd), Fiqhus Sunnah (Syaikh Sayyid Sabiq), Bughyatul mutathawwi’ (M. bin Umar Bazmuul), Riyaadhus Shaalihin (Imam Nawawi), Taubah fii Ramadhaan (Ibrahim Al Manshur) dll.